SOSIALISASI KERJASAMA IMPORTIR DAN PETANI BAWANG PUTIH KECAMATAN BUMIJAWA

 

Kewajiban bagi setiap importir bawang putih untuk menanam bawang putih dengan bekerja sama dengan petani ditekankan oleh pemerintah guna mencapai target swasembada di tahun 2019. Hal ini juga dilaksakan oleh salah satu pihak importir dari PT. Wings yang diperantai oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal oleh Ibu Ir. Eka Agus P, dengan Bapak H H    n      H. Fathudin (perwakilan PT. Wings) yang berdomisili di Kecamatan Pangkah dengan beberapa perwakilan petani bawang putih desa Bumijawa, Sumbaga, Muncanglarang, Cintamanik, Dukuhbenda dan Sigedong serta Sokatengah bertempat di UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa pada hari Rabu tanggal 16 Mei 2018.  

Selengkapnya...

Teh Sarung dan Teh Rempah Jakaceng

 

Dukuh Mobok Dana Desa Muncanglarang Kecamatan Bumijawa terhampar luas 25 Ha lahan kebun teh milik petani yang tergabung dalam kelompok tani perkebunan Danakarsih dan Budi Luhur Desa Begawat. Para petani telah lama lebih dari 30 tahun menekuni budi daya dan olahan pasca panennya yang menghasilkan produk teh asli, alami buatan rumah tangga, yang telah dikenal dengan teh “Sarung”.

Berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh teh pabrikan, dengan produk teh yang telah di campur dengan bunga melati dan diolah dengan mesin-mesin modern, teh “Sarung” menyuguhkan cita rasa teh asli dan alami dengan ciri khas yang berbeda. Rasa sepet, buket dan aroma teh asli tanpa pengawet komplit terdapat dalam produk teh ini.

 

Selengkapnya...

PASAR TANI TTP KESUBEN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

 

Sungguh meriah pasar tani yang diadakan oleh Taman Teknologi Pertanian Kesuben di lebaksiu Kabupaten Tegal pada tanggal 28 – 29 April 2018. Rangkaian kegiatan pasar tani yang berbarengan dengan Peringatan Hari Kartini mulai hari Kamis tanggal 19, Lomba Mewarnai hari Jum’at tanggal 20 dan kegiatan persiapan pasar tani hari Jum’at tanggal 27.

Selengkapnya...

SOSIALISASI PEREMAJAAN TANAMAN CENGKEH DAN SOSIALISASI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SEMUSIM DAN REMPAH

 Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 di UPTD Tan & KP Kecamatan Bumijawa. Dalam kegiatan tersebut, Ibu Arsita mewakili Dinas Tan & KP Kab. Tegal, sebagai pembicara Bapak Robby Soebrijanto, SE., Kepala UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa, Bapak H. Suranto, POPT Kec. Bumijawa-Bojong dan Bapak H. Cholik petani pelaku agribisnis cengkeh Kab. Tegal.

Selengkapnya...

PERCEPATAN LTT PADI DI KECAMATAN BUMIJAWA

 

Telah hadir Staf Khusus Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, Bapak Zul Ramdan beserta Kepala Bidang Pertanian dan Hortikultura Dinas Tan & KP Kab. Tegal (Bapak Suhadi, S.IP) di UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa untuk mengadakan Pertemuan dengan seluruh PPL/THL & POPT (5 Orang) dan Timja (kepala UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa) serta Perwakilan Petani (5 orang) serta Danramil Bumijawa pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018 jam 19.00-22.00 WIB. Esok harinya dilakukan kunjungan ke lahan sawah yang sedang olah tanah dengan hand traktor bantuan dari Pemerintah Pusat, sedang tanam dan sedang panen.

Selengkapnya...

Rencana Strategis