KEGIATAN PENANGANAN PANEN DAN PASCA PANEN BAHAN BAKU DI KAB. TEGAL

 

Telah dilaksanakan Bimbingan Tekhnis Kelompok Tani Perkebunan Komoditas Cengkeh di Kelompok Tani  Palinggih Tani Desa Sokatengah Kec. Bumijawa pada tanggal 16 April 2018 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tan & KP Kab. Tegal yang diwakili oleh Sekdin. Bapak Ir Suharyoko, MM, Kabid. Perkebunan Bapak Ir. Tyas Utomo dan Staf dan dari KJF Bapak Wibowo, S.ST, serta anggota kelompok tani Palinggih Tani 30 orang, anggota kelompok tani Istanaerang Desa Sokasari 5 orang, anggota kelompok Tani Ngesti Rahayu 5 orang dan Ka UPTD dan PPL/THL TBPP Kec. Bumijawa 5 Orang juga perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yaitu Bapak Moh. Saechu, S,ST. 

 

Dalam acara tersebut ikut memberikan sambutan Bapak Sekdin agar kelompok tani senantiasa aktif dalam pertemuan kelompok guna menggali permasalahan khususnya pertanian dan menemukan solusi di wilayahnya masing-masing dengan didampingi oleh petugas/ppl wilbin. Menjaga/memelihara dan memanfaatkan segala jenis bantuan pemerintah untuk kepentingan bersama secara tertib dan transparan sehingga dapat berkesinambungan dan berkelanjutan untuk kesejahteraan petani dan kelompok.

Selanjutnya sambutan Bapak Kabid. Perkebunan berpesan agar kelompok tani tetap tekun dalam komoditas perkebunan khususnya cengkeh sehingga dapat meningkatkan pendapatannya dan dari pemerintah dapat melihat kondisi poktan dengan memberikan alsintan yang diperlukan termasuk sarana transportasi sepeda motor roda tiga, timbangan elektrik maupun terpal alas penjemuran pasca panen cengkeh.

Dalam penyampaian materi Bapak Wibowo, S.ST terus menerus menyemangati petani yang tergabung dalam kelompok tani dengan menyanyikan yel-yel lagu kebersamaan.

Rencana Strategis