BIMBINGAN TEKHNIS STANDARD MUTU HASIL PERKEBUNAN

Telah dilaksanakan Bimbingan Tekhnis Kelompok Tani Perkebunan Komoditas Teh di Kelompok Tani Budi Luhur Desa Begawat dan Kelompok Tani Danakarsih Desa Muncanglarang Kec. Bumijawa pada tanggal 17-18 April 2018 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Bapak Heru Santoso, SP., berserta 3 orang, Kepala Dinas Tan & KP Kab. Tegal yang diwakili oleh Bapak Kabid. Perkebunan Bapak Ir. Tyas Utomo dan Staf dan Ka. UPTD Kec. Bumijawa dan PPL Wilbin dengan peserta anggota kelompok tani Budi Luhur dan Danakarsih masing-masing 25 orang dan Narasumber dari PTPN IX Semugih, Moga.

 

Dalam kegiatan tersebut hari pertama tanggal 17 April 2018 ; memberikan sambutan perwakilan dari Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan kepada Bapak Heru Santoso, SP., selanjutnya sambutan perwakilan dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Tegal yang diwakilkan kepada Bapak Ir. Tyas Utomo.

Pemberian materi standar mutu hasil perkebunan teh oleh Bapak Sri Handoyo, S.P dari Balai mutu hasil pertanian dan perkebunan Dinas Tanbun Provinsi Jawa Tengah dan materi tekhnis budidaya teh yang baik untuk menghasilkan produk teh yang dengan mutu standar oleh Narasumber dari PTPN IX Semugih, Moga.

Hari kedua tanggal 18 April 2018 dilaksanakan praktek pasca panen, pengolahan teh menjadi produk teh yang berkualitas standar dengan dipandu Ibu Suci dan Bapak Robby.

Diharapkan dari kegiatan ini, anggota kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan alat produksi teh skala kecil untuk menghasilkan produk teh yang berkualitas baik, aman dikonsumsi dan menghasilkan aneka produk olahan teh secara kontinyu selanjutnya dapat dipasarkan dengan memenuhi kriteria standar lainnya.  

Rencana Strategis