PERCEPATAN LTT PADI DI KECAMATAN BUMIJAWA

 

Telah hadir Staf Khusus Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, Bapak Zul Ramdan beserta Kepala Bidang Pertanian dan Hortikultura Dinas Tan & KP Kab. Tegal (Bapak Suhadi, S.IP) di UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa untuk mengadakan Pertemuan dengan seluruh PPL/THL & POPT (5 Orang) dan Timja (kepala UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa) serta Perwakilan Petani (5 orang) serta Danramil Bumijawa pada hari Sabtu tanggal 28 April 2018 jam 19.00-22.00 WIB. Esok harinya dilakukan kunjungan ke lahan sawah yang sedang olah tanah dengan hand traktor bantuan dari Pemerintah Pusat, sedang tanam dan sedang panen.

 

Pada acara pertemuan malam hari tersebut, sambutan Bapak Zul Ramdan bahwa kita terus berupaya keras agar terus meningkatkan luas tambah tanam padi dengan target nasional  2 juta Ha per bulan sehingga dapat tercapai kesinambungan kedaulatan pangan. Adapun berbagai kendala di lahan sawah banyak dilontarkan keluhan dari petani antara lain kekurangan tenaga kerja, saluran irigasi yang rusak tidak memadai, sumber air yang semakin berkurang, akses lahan yang susah menyebabkan mahalnya biaya produksi, dicabutnya subsidi benih padi sehingga harganya mahal dan sarana prasarana pasca panen yang kurang memadai sehingga masih tingginya tingkat kehilangan hasil panen.

Beberapa program direncanakan untuk mengurai berbagai kendala tersebut yaitu dengan berbagai bantuan alsintan hand traktor kecil 6,5 PK, kultivator, pompa air kecil 5 PK, power thresser, berbagai program Rehabilitasi Jaringan irigasi (RJIT) maupun JITUT,  Dam Parit, Jalan Usaha Tani dan upaya lainnya yang bersumber pembiayaan bisa dari APBN, APBD I, APBD II maupun Dana Desa (DD/ADD) yang diusulkan melalui Musyawarah Desa maupun Musrenbangdes, Musrenbang Kecamatan maupun tingkat Kabupaten.

Acara pagi hari Minggu tanggal 29 April 2018 dilakukan kunjungan lahan yang sedang melaksanakan olah tanah di Kelompok Tani Karya Sari Desa Sokatengah dan dari Kemetrian Pertanian memberikan sekedar bantuan cuma-cuma bahan bakar solar untuk hand traktor sebanyak 50 liter, tanam dan panen padi di Kelompok Tani Kerajan Desa Sumbaga.

 

Rencana Strategis