SOSIALISASI PEREMAJAAN TANAMAN CENGKEH DAN SOSIALISASI PENINGKATAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS TANAMAN SEMUSIM DAN REMPAH

 Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Mei 2018 di UPTD Tan & KP Kecamatan Bumijawa. Dalam kegiatan tersebut, Ibu Arsita mewakili Dinas Tan & KP Kab. Tegal, sebagai pembicara Bapak Robby Soebrijanto, SE., Kepala UPTD Tan & KP Kec. Bumijawa, Bapak H. Suranto, POPT Kec. Bumijawa-Bojong dan Bapak H. Cholik petani pelaku agribisnis cengkeh Kab. Tegal.

 

Budidaya cengkeh dengan berbagai kendala yang dihadapi tanaman cengkeh dari tahun ke tahun yang semakin beragam dengan perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu. Oleh karena itu, berbagai kendala gangguan organisme dan hama tanaman cengkeh sangat perlu diperhatikan. Perlunya memberikan unsur hara / pupuk yang cukup untuk menunjang hidup sehingga terhindar serangan OPT.

 

Serangan OPT tanaman cengkeh yang sering adalah dari golongan hama Aphis  dan ulat yang merusak bagian pucuk daun tanaman cengkeh. Serangan Bakteri Pembuluh Kayu Cengkeh (BPKC) banyak dijumpai di lahan petani sehingga perlu pengendalian  secara  infus bakterisida tepat dan penaburan Trichoderma di bawah tajuk daun.   

 

Pemasaran pasca panen cengkeh mengalami pasang surut setiap tahunnya. Namun petani tetap berharap untuk dapat menuai hasil yang baik dengan harga tinggi sehingga dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan petani cengkeh

 

 

 

 

 

Rencana Strategis