PASAR TANI TTP KESUBEN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL

 

Sungguh meriah pasar tani yang diadakan oleh Taman Teknologi Pertanian Kesuben di lebaksiu Kabupaten Tegal pada tanggal 28 – 29 April 2018. Rangkaian kegiatan pasar tani yang berbarengan dengan Peringatan Hari Kartini mulai hari Kamis tanggal 19, Lomba Mewarnai hari Jum’at tanggal 20 dan kegiatan persiapan pasar tani hari Jum’at tanggal 27.

 

Pembukaan Pasar Tani oleh Pj. Bupati Tegal ; Bapak Sinoeng Noegroho Rachmadi beserta istri, yang dihadiri pula oleh Sekda Kab. Tegal beserta jajarannya, Kepala Dinas Tan & KP dan Sekdin, Penyuluh Pertanian, UPTD dan para petani, KTNA se Kabupaten Tegal. Turut dimeriahkan dalam acara pembukaan pasar tani pementasan tari Endel kolosal dari pelajar se Kab. Tegal.

 Kegiatan Rembug Tani yang diikuti dari perwakilan 5 orang petani tiap UPTD Tan & KP Kecamatan dan 1 orang petugas, mengurai permasalahan dan solusinya dari kartu tani dan mengangkat produk unggulan, komoditas pertanian di masing-masing Kecamatan. 

Pelatihan penyusunan menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) bagi Kelompok Wanita Tani dari Dinas Bidang Ketahanan Pangan, Sosialisasi  Sumber Daya Genetik untuk pendaftaran varietas tanaman, sumber daya hayati yang beraneka ragam dari BPTP Jawa Tengah dan Dinas Bidang Pertanian.

 

 

 

Lomba asah trampil kelompok tani yang diikuti oleh 18 kelompok tani atau gapoktan se Kab. Tegal. Berhasil meraih sebagai juara 1 kelompok tani Kecamatan Dukuhwaru, juara 2 kelompok tani Kecamatan Slawi dan juara 3 kelompok tani Kecamatan Bumijawa. Masing-masing juara mendapatkan hadiah piala dan uang pembinaan dari Ibu Kepala Dinas Tan & KP Kab. Tegal.

Kegiatan pameran dan penjualan produk inovasi pertanian, sembako, saprotan, olahan pangan lokal, olahan tanaman obat herbal dan lainnya seperti donor darah, pelayanan SIM keliling, Asuransi Tani Jasindo, dan informasi pelayanan Kartu Tani.

Rangkaian kegiatan pada hari Minggu tanggal 29 meliputi acara senam sehat, perlombaan di tingkat pelajar TK/PAUD, pelatihan agribisnis dari Dinas Bidang Pertanian serta penutupan.

Demikian rangkaian kegiatan Pasar Tani yang merupakan ajang petani dan masyarakat Kabupaten Tegal dalam pertemuan usaha produk pertanian dan teknologinya dan sarana edukasi pertanian yang semakin maju dan modern.

 

Rencana Strategis