PANEN BAWANG PUTIH BERSAMA IBU Plt BUPATI TEGAL


Bojong. Kebangkitan dan kejayaan bawang putih mulai teruji. Hari ini Selasa,7 Agustus 2018 dilakukan panen musim tanam I 2018 hasil  budidaya kelompok tani binaan KPw BI Tegal dan Dinas Tan dan KP Kab.Tegal sebanyak 67 Hektar kerjasama dengan Kementrian Pertanian,pemerintah Kabupaten Tegal, PKHT IPB Bogor,PT.wingsfood.

 

 

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan swasembada Bawang Putih yaitu dengan Mewajibkan Importir untuk menanam dan memproduksi bawang putih didalam negeri sebesar 5 % dari kuota impornya, Menentukan harga eceran tertinggi (HET) untuk bawang putih yaitu sebesar Rp. 38.000,-/kg , importir hanya diperbolehkan menjual dengan harga maksimum Rp 23 ribu per kg sehingga harga di tingkat konsumen tidak lebih dari Rp 32 ribu per kg, Memberikan dukungan alat-alat pertanian Untuk mempercepat pengolahan tanah dan mendukung ketersediaan air. Kementerian Pertanian membantu Alsintan yang dibutuhkan oleh petani seperti traktor roda 4, handtraktor, kultivator dan pompa air.

 

Potensi pengembangan bawang putih di Kabupaten Tegal ada di wilayah Kecamatan Bojong dan Bumijawa, Luas lahan potensial di wilayah Kecamatan Bojong sekitar 400 ha dan di wilayah Kecamatan Bumijawa sekitar 100 ha. Lahan yang akan ditanami bawang putih tahun 2018 seluas 220 ha.

 

 #tegal #bawangputih #inflasi #import #bitegal #klaster

Rencana Strategis