PROGRAM PKUR YBM BRI UNTUK KELOMPOK TANI

 

Slawi - Baru-baru ini telah dilaunching program Pemberdayaan Kelompok Usaha Rakyat (PKUR) dari YBM BRI untuk kelompok tani Tunggul Manik Desa Cintamanik pada hari Sabtu tanggal 4 Agustus 2018 yaitu untuk kegiatan budidaya sereh wangi dan penyulingannya. Kelompok yang terdiri dari 20 orang anggota mendapatkan bantuan budidaya sereh wangi berupa bibit sereh wangi, pupuk dan biaya pemeliharaannya beserta seperangkat alat penyulingan minyak sereh wangi.

 

Bantuan serupa juga pernah diberikan oleh YBM BRI dalam program PKUR sereh wangi pada tahun 2017 di kelompok tani Ngesti Rahayu Desa Sumbaga sebanyak 40 orang anggota untuk pemberdayaan ekonomi anggota sehingga dapat meningkatkan pendapatannya menuju sejahtera.

Budidaya sereh wangi dapat dilakukan di laha-lahan marginal sehingga meningkatkan produktivitas lahan dengan pemanfaatan lahan tersebut dan biaya pemeliharaan yang tidak intensif masih dapat mengahsilkan daun yang siap untuk dipanen dan disuling untuk dianbil minyaknya berupa minyak sereh wangi.

Harga minyak sereh wangi yang stabil menjadi jaminan dan harpan bagi petani sereh wangi untuk tetap eksis dan memperoleh pendapatan selain dari penghasilan tetap dengan tidak menggusur lahan tanaman pangan yang sekarang ini sedang terus digenjot peningkatan produktivitasnya.

Bantuan PKUR YBM BRI untuk pemberdayaan kelompok tani di tahun 2018 ada juga berupa budidaya cabe di kelompok tani Tani jaya dan Ampel 2 Desa Cintamanik dan budidaya ayam petelur untuk kelompok tani ternak Tirta Sari Desa Sumbaga.

Rencana Strategis