Penyerahan Alsintan kepada Gapoktan

 

Slawi – Selasa 25 September 2018 Pemerintah Pusat melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal menyerahkan bantuan alsintan kepada petani di Kab. Tegal. Penyerahan bantuan alsintan secara simbolis dilaksanakan di kantor dinas Tan dan KP Kab. Tegal di Slawi.


Dalam sambutanya H. Bachrudin Nasori, Ssi, MM mengatakan “DPR merupakan mitra pemerintah berusaha untuk terus meningkatkan kesejahteraan petani”

Dalam acara tersebut diserahkan alsintan dari pemerintah yang bersumber dari dana APBN sebanyak 15 unit alsintan terdiri dari Traktor Roda 4 (1 Unit), Traktor Roda 2 (9 Unit, 5 diantaranya Impala), Pompa Air  4 Unit (3 Unit Pompa Air 4 Inch dan 1 Unit Pompa Air 6 Inch) dan Rice Transplanter (1 Unit) yang akan diberikan ke 15 Gapoktan dan poktan (5 Gapoktan dan 10 Poktan) di 10 Wilayah Kecamatan (Pagerbarang, Balapulang, Margasari, Lebaksiu, Pangkah, Bumijawa, Adiwerna, Talang, Kramat dan Warureja).

Sektor pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian nasional maupun perekonomian di Kabupaten Tegal. Dalam rangka mendukung sektor pertanian, pemerintah telah mengimplementaskannya dalam berbagai program. Salah satunya adalah dengan melalui kegiatan pengelolaan Alsintan untuk Usaha Tani.

Komoditas Tanaman Pangan seperti padi, jagung dan kedelai merupakan komoditas yang strategis serta berperan penting dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional. Seiring dengan terjadinya fenomena pengurangan jumlah rumah tangga pertanian/tenaga kerja di pedesaan menunjukkan adanya tantangan baru di sektor pertanian, khususnya dalam mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan pada masa mendatang.

Untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja tersebut, peran mekanisasi pertanian menjadi sangat penting. Selain untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja bidang pertanian, pemanfaatan mekanisme dengan Alsintan diharapkan mampu untuk mempercepat proses budidaya dan pasca panen yang efektif dan efisien.

 

 

Rencana Strategis