KOMODITAS PERTANIAN UNGGULAN BUMIJAWA

 

Slawi - Kecamatan Bumijawa yang terletak di sebelah ujung selatan Kabupaten Tegal memiliki beberapa produk unggulan hasil pertanian yang patut dibanggakan hal ini disampaikan dihadapan Bupati Tegal, Ibu Dra Hj. Umi Azizah saat audiensi di kantor Bupati Tegal pada hari Kamis, tanggal 14 Maret 2019 bersama Ibu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan beserta perwakilan petani muda milenial dan penyuluh pertanian.

 

Tidak hanya sebagai lokasi objek wisata Guci, Pasar Slumpring dan Sindang Kemadu (Sikadu), Kecamatan Bumijawa sudah memunculkan beberapa produk olahan pangan dengan aneka kemasan yang menarik dan elegan, antara lain beras Pusaka yang terkenal dengan nasinya yang wangi, pulen dan lezat meskipun dengan lauk alakadarnya. Beras merah dan beras hitam serta beras organik telah menjadi ciri khas produk alami tanpa kimiawi. Beberapa manfaat dari konsumsi beras merah dan beras hitam serta beras organik menghasilkan nasi yang lebih enak dan tidak cepat basi serta baik untuk kesehatan tubuh.

Teh tradisional cap sarung hasil olahan petani dengan sentuhan manual tradisional yang kaya akan anti oksidan baik untuk kesehatan, racikan teh Jakaceng yang terdiri dari jahe, kapulaga dan kayu manis serta cengkeh sebagai minuman alternatif untuk penghangat badan dan stamina tubuh.

Hasil perkebunan kopi arabika dan robusta telah banyak dipanen dan dipasarkan untuk kafe, kedai dan rumah makan hingga keluar kota, Ibu Kota Jakarta. Hal ini telah meningkatkan gairah petani kopi yang telah lama tertidur dengan kondisi keterpurukan harga kopi, kini telah bangkit kembali untuk mengolah hasil kopi menjadi bahan baku kopi serbuk. Sejalan dengan terus meningkatnya konsumsi kopi sehingga permintaan kopi juga semakin baik dengan harga yang tinggi.

Rencana Strategis