Workshop Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Buah Naga Kabupaten Tegal

Dinas Tanbunhut Pada Tanggal 5 Juni 2014 telah melaksanakan “Workshop Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP)  Buah Naga Kabupaten Tegal “.  Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun SOP Buah Naga sebagai Panduan Kerja bagi pelaku usaha tani Buah Naga dalam melaksanakan usaha tani buahnya.  Kegiatan ini diikuti sekitar 40 peserta yang berasal dari Penyuluh Pertanian, Petugas Dinas Tanbunhut Kab Tegal, BPTPH Provinsi Jateng dan Para Petani Buah Naga di wilayah Kabupaten Tegal. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Tanbunhut (Ir. Khofifah, MM) dan sebagai Narasumber dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah.

 

Sebagaimana diketahui Tanaman Buah Naga ( Hylocereus undatus) adalah salah komoditas pertanian yang sangat cocok dikembangkan di beberapa Kecamatan Kabupaten Tegal khususnya di daerah yang  relatif datar antara lain Kecamatan Slawi, Dukuhwaru, Pangkah dan Suradadi.

Agar Budidaya Tanaman Buah Naga ini dapat menghasilkan Produk Buah yang  berkualitas dan Layak konsumsi maka diharapkan Budidaya Tanaman Buah Naga tersebut harus mengikuti Standar Operationa  Procedure (SOP) Budidaya Buah Naga.  SOP ini merupakan bentuk operasionalisasi dari Good Agriculture Practice (GAP) di tingkat lapangan.   Harapannya dengan adanya SOP Buah Naga ini, para Petani Buah Naga dapat:

§Menurunkan penggunaan agroinput

§ Meningkatkan mutu produk

§Meningkatkan Daya Saing dan Daya Jual Produk

§Terjaganya Konsistensi Mutu dan Produktifitas

§Terwujudnya Daya Lacak Balik

Rencana Strategis