Pembekalan Teknis Pengenalan Jenis dan Pengkuran Kayu dari Hutan Hak

 

Slawi, pada Tanggal 3 s/d 5 Juni 2014, Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Tegal telah menyelenggarakan “Pembekalan Teknis Pengenalan Jenis dan Pengkuran Kayu dari Hutan Hak (red: Hutan Rakyat). Maksud dari Kegiatan ini adalah Memberikan pengertahuan dan pelatihan praktis dalam hal pengenalan Jenis dan pengukuran kayu yang berasal dari hutan hak,Sedangkan Tujuannya adalah untuk menyiapkan tenaga teknis yang cakap dan terampil sebagai Petugas PenerbitSurat Keterangan Asal Usul Kayu (SKAU) di wilayah Kabupaten Tegal.

 

 Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Pertemuan Yaumi – Slawi dengan jumlah peserta yang ikut berjumlah 50 yang berasal dari aparat Pemerintah Desa (Kades atau Sekdes) dari 15 Kecamatan Yaitu Adiwerna, Balapulang, Bojong, Bumijawa, Dukuhturi, Dukuhwaru, Jatinegara, Kedungbanteng, Kramat, Lebaksiu, Margasari, Pagerbarang, Pangkah, Slawi dan Suradadi.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain:

§Kebijakan Pengujian dan Pengukuran Kayu

§Pengenalan Jenis – Jenis Kayu

§Pengenalan Teknologi Informasi

§Penataushaan Hasil Hutan (PUHH)

§Pengukukuran Kayu Bulat dan Olahan

Kegiatan ini selain berbentuk Ceramah, Diskusi, juga dilanjutkan dengan Praktek Pengenalan Jenis Kayu dan Pengukuran Kayu (Panjang, Diameter dan Volume) Kayu. Narasumber berasal dari Lingkup Tanbunhut, Pengawas Petugas Teknis (Wasganis) Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL), dan Dari Balai Pemantauan Pengawasan Hasil HutanProduksi (BPPHP)WilayahVIII Surabaya Kementerian Kehutanan.

Harapan dari Kegitan iniPeserta yang telah dilatih akan mendapatkan SK dari Kementerian Kehutanan (dalam Hal ini BPPHP) tentanf penunjukan  Petugas Yang Secara Resmi dapat menerbitkan Dokumen SKAU untuk peredaran Hasil Hutan Kayu yang berasal dari Masyarakat, (af)

Rencana Strategis