Buah Naga

 

6.

Nama Kelompok Usaha

:

Kelompok Tani Harapan Makmur

 

Produk yang dihasilkan

:

Buah naga

 

Nama kontak person

:

Bambang

 

Alamat

:

Desa Kabunan

Kecamatan Dukuhwaru

 

No. HP

:

081542126324

 

7.

Nama Kelompok Usaha

:

Kelompok Tani Sido Makmur

 

Produk yang dihasilkan

:

Buah naga

 

Nama kontak person

:

Sukamto

 

Alamat

:

Desa Prupuk Utara

Kecamatan Margasari

 

No. HP

:

085870121105

 

Perkembangan budidaya tanaman buah naga di Kabupaten Tegal mengalami kemajuan cukup bagus. Petani mulai melirik budidaya tanaman ini. Selain pemasaran cukup menjanjikan, juga buahnya manis dan manfaat kandungan gizi dari buah naga ini cukup tinggi.

 

Bambang adalah satu dari beberapa petani buah naga di Kabupaten Tegal, yang terus meneguk untung dari buah yang mirip sisik naga ini. Usaha buah naga di Kabupaten Tegal berawal dari adanya bantuan Pengembangan buah naga dari Dana APBN pada tahun 2012, yang ditanam pada bulan Juli seluas 19 ha yang tersebar di beberapa kecamatan. Setelah 15 bulan, buah naga dapat dipanen. Panen perdana pada November 2013. Panen buah naga dimulai awal November hingga Mei tahun depan. Dan panen raya dimulai bulan Januari hingga Maret.

 

Sekitar bulan Januari harga buah naga per kg mencapai Rp 15 ribu. Untuk awal panen dan akhir panen harga akan tinggi. Sedangkan saat panen raya harga buah naga akan anjlok. Untuk panen pertama harga buah naga rata-rata sekitar Rp 20 ribu. Bahkan pernah juga mencapai Rp 32 ribu/kg. Pak Bambang  menerangkan bahwa satu tiang panjatan miliknya terdiri dari 4 pohon buah naga. Biasanya dalam 1 tiang diperoleh ± 10 kg buah. Di lahan seluas 2 ha dengan jumlah tiang sebanyak 1.600, didapatkan buah naga  10-15 ton. Sehingga kurang lebih selama masa panen dari November hingga Mei diperoleh buah naga sebanyak 105 ton, yang berarti produktivitas per hektarnya sebesar 52,5 ton/ha.

Bambang memasarkan sendiri hasil buah naganya. Pernah suatu saat panen, sekali panen mendapatkan Rp 250 juta. Akan tetapi kalau pas panen raya, harga menurun hingga Rp 5 ribu/kg karena panen melimpah dan pasaran sudah penuh.

Untuk pemasaran buah naga, Bambang langsung mengirimkan ke beberapa wilayah di Kabupaten Tegal. Bahkan beberapa tahun ini, dirinya mengaku sudah mengirimkan buah naga ke Semarang.

Selain Bambang, petani yang berusaha tani buah naga yaitu Sukamto, ketua Kelompok Tani Maju Makmur Desa Prupuk Utara Kecamatan Margasari. Usaha buah naganya seluas 1,5 ha (1.200 tiang). Beberapa konsumen di wilayah Kabupaten Tegal datang langsung ke kebunnya untuk membeli buah naga, bahkan Sukamto telah menyetok buah naga ke Daily Freshmart secara rutin di Slawi. Sukamto sebagai pemerhati hortikultura untuk ke depanya memiliki ide untuk mengembangkan Desa Prupuk Utara sebagai rintisan Agrowisata di Kabupaten Tegal.

 

Rencana Strategis