Kacang Bogares

 

12.

Nama Kelompok Usaha

:

Koperasi Konsumen Ceria

 

Produk yang dihasilkan

:

Kacang bogares

 

Nama kontak person

:

Warmo

 

Alamat

:

1.  Jl. Pertigaan, Desa Bogares Kidul RT.02 RW.01, Kecamatan Pangkah

2.  Gang Menjangan 9 RT.01 RW.4 Desa Trayeman Kecamatan Slawi

 

No. HP

:

(0283) 3359865 085786020993

 

Facebook

:

https://id-id.facebook.com/AotletKacangBogaresCeriaTegalJawaTengah

 

Alamat email

:

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Kacang Bogares merupakan salah satu oleh-oleh camilan khas Kabupaten Tegal. Kacang ini merupakan olahan kacang tanah yang berasal dari salah satu desa di Kabupaten Tegal yang bernama Bogares. Ini adalah kacang tanah biasa yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kacang ini tidak digoreng namun disangrai sehingga tidak begitu banyak mengandung kolesterol.

Dalam proses pembuatannya, untuk menghasilkan kacang bogares yang siap dipasarkan perlu melalui beberapa tahap. Kacang yang sudah kering dimasukkan ke dalam mesin pengupas kacang, kemudian diayak agar kacang terpisah dengan kotorannya. Setelah bersih selanjutkan kacang direndam di dalam air tawar selama ±3 jam, kemudian diangkat dan direndam kembali ke dalam air garam berbumbu (penduduk setempat menyebutnya dibacem) selama semalaman. Dan setelah itu kacang dijemur hingga kering, baru kemudian kacang digoreng menggunakan pasir sambil dikorek-korek agar matangnya bisa merata. Biasanya proses penggorengan ini berjalan selama 20-30 menit dan bahan bakarnya masih menggunakan kayu bakar, setelah matang dan sudah dipisahkan dari pasir kemudian dikemas dan siap dipasarkan.

 

Sebagian besar penduduk Desa Bogares memang berprofesi sebagai pengrajin kacang. Kacang yang berasal dari Desa Bogares ini memiliki rasa yang gurih, sedikit manis dengan aroma yang khas dan harum, ada juga beberapa pengrajin yang memberi rasa bawang pada produk kacangnya.

Salah satu produsen kacang bogares yang dapat kita jumpai yaitu Kacang Bogares Ceria yang berlokasi di Desa Bogares Kidul Kecamatan Pangkah, dengan Warmo sebagai pemiliknya. Kacang Bogares ini juga bisa kita temukan di beberapa toko oleh-oleh khas Tegal di sepanjang Jalur Pantura (Kota Tegal). Usaha kacang bogares Ceria ini merupakan usaha turun temurun (keluarga), namun Warmo baru mulai tertarik berkecimpung di usaha produksi kacang bogares ini pada tahun 2007.

Dengan semakin meningkatnya pemesanan dan semakin banyaknya lembaga yang berdatangan untuk berkunjung, maka Warmo membuka toko baru dan dapur produksi kacang bogares Ceria yang berlokasi di Desa Trayeman Kecamatan Slawi, sekaligus mendirikan Koperasi Konsumen Ceria untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar lokasi untuk menjual produk olahannya. Dengan kapasitas penjualan mencapai 4 ton per bulannya dan harga jual sebesar Rp. 35.000,- per kilo, omset penjualannya mencapai 140 juta rupiah. Untuk memproduksi 1 ton kacang bogares diperlukan biaya sebesar ± 75 juta (antara lain untuk biaya tenaga kerja, biaya bahan baku dan kemasan, biaya kayu bakar, pasir, dll), sehingga diperoleh keuntungan sebesar ± 65 juta rupiah. Tujuan pemasarannya meliputi pasar lokal (Tegal), Brebes, Pemalang, bahkan sudah sampai Cirebon, Jakarta, Cilacap, dll

 

Rencana Strategis