Kripik Jagung

 

14.

Nama Kelompok Usaha

:

Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari

 

Produk yang dihasilkan

:

Keripik jagung

 

Nama kontak person

:

Sri Wahyuningsih

 

Alamat

:

Desa Kedawung Kecamatan Bojong

 

No. HP

:

081902480004

 

Keripik jagung adalah makanan khas Mexico. Di sana, makanan ini disebut tortila. Makanan ini juga populer di Amerika  Serikat. Usaha pembuatan keripik jagung ini memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi industri rumahan yang sukses. Termasuk yang dilakukan oleh KWT Mekar Sari yang diketuai oleh Sri Wahyuningsih.

Keripik jagung mudah dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana yang terdapat di rumah tangga. Pertama jagung dibuat berasan, kemudian direndam selama 1 -2 malam, lalu ditiriskan. Jagung berasan dibuat tepung dengan cara digiling lalu diayak. Kemudian tepung dari jagung diadoni dengan bumbu (garam halus, bawang putih dan air), lalu dikukus selama 30 menit. Setelah itu, adonan ditutu/dibuat gemblong, ditipiskan dan dicetak, lalu dikeringkan selama seharian jika panas terik.

 

Peralatan yang diperlukan dalam pembuatan keripik jagung antara lain : panci, penggiling jagung basah, pembuat lembaran adonan, pengering, wajan.

Produksi tiap harinya sebesar 40 kilo yang matang, dengan harga jual per kilo Rp. 24.000 untuk yang mentah dan Rp. 45.000 untuk yang matang. Sehingga omset per harinya bisa mencapai Rp. 1.800.000,-. Pemasarannya masih lokal wilayah Kabupaten Tegal dan sampai pula ke Pemalang.

 

Rencana Strategis