PT Alamanda

 

 

15.

Nama Perusahaan

:

PT. Alamanda Sejati Utama

 

Jenis Usaha

:

Eksportir melati, buah dan sayuran segar (mangga, cabai besar, jagung manis, melon, salak, semangka, bawang, jahe, kacang kacang panjang, terung ungu)

 

Nama kontak person

:

Eko (Kepala Divisi)

Sadar (Kepala Gudang)

 

Alamat

:

Jl. Raya Maribaya KM. 10,5 Kecamatan Kramat

(gudang di Kabupaten Tegal)

 

No. HP

:

081573514949

081931277629

 

Alamat email

:

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

PT. Alamanda Sejati Utama adalah perusahaan pertanian swasta Indonesia yang menjual dan mengekspor sayuran, buah-buahan, dan bunga secara aktif terhadap negara-negara seluruh dunia.Didirikan di Jakarta pada tahun 2002 dan karena meningkatnya permintaan dari pelanggan, maka untuk memperluas area pabrik didirikanlah pabrik di Banjaran, Bandung Selatan, Jawa Barat pada tahun 2004. Bekerja dalam ruang yang lebih besar, fasilitas yang lebih baik dan peralatan, PT. Alamanda siap untuk memberikan barang segar dari Indonesia.



Visi
PT. Alamanda adalah untuk menjadi eksportir terkemuka dalam sayuran, buah-buahan, dan bunga sampai ke tempat pelanggan dan kepuasan sebagai komitmen prioritas utama. Misinya adalah untuk bekerja sama dengan semua pemangku petani untuk memajukan ekspor hortikultura Indonesia terhadap negara-negara seluruh dunia. Fokus pada pelayanan prima dan mempertahankan tinggi standar kontrol kualitas mulai dari pemilihan bahan, penanganan, sampai pengiriman.

P
T. Alamanda telah memperoleh kepercayaan dari NTUC Fair Price (salah satu rantai super market terbesar di Singapura), Cold Storage, Toko n Simpan, Giant, dan SATS. Selain itu juga ke Malaysia, Thailand, Hongkong, Brunei Darussalam, UAE, Bangladesh, Korea Selatan, Jepang, Pakistan.

Karena ekspor meningkat pada tahun 2011, PT. Alamanda telah diperluas dengan membuka kantor cabang di Medan dan gudang di Jl. Raya Maribaya KM. 10,5 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Gudang di Maribaya ini menerima pasokan melati, buah dan sayur dari wilayah Kabupaten Tegal, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang. Untuk Kabupaten Tegal hanya dua komoditas yang secara rutin dipasok ke gudang, yaitu melati dan mangga. Komoditi lain yang pernah masuk gudang antara lain : cabai, jagung manis, bawang, semangka, jahe, dll.

Melati rutin diekspor tiap hari ke Singapura, Malaysia dan Thailand, sebanyak 4 -5 ton yang dikemas dalam box Styrofoam (sebanyak ± 850 box) yang diberi batu es (supaya tetap terjaga kesegarannya). Melati yang diekspor dalam bentuk melati segar polos (jasmine with head), melati segar gundul (jasmine without head), dan melati roncean (ronche jasmine), tergantung permintaan dari negara pengimpor.  Melati harus dalam kondisi segar, bentuk masih kuncup, putih bersih, tidak ada hama. Melati biasanya dibeli oleh PT. Alamanda dari petani dengan harga Rp.14.000,- sd Rp. 12.000,- per kilo. Selain melati, mangga di wilayah Kabupaten Tegal terutama dari Warureja, Kramat, Suradadi masuk ke gudang, dibeli dengan harga Rp.12.000,- sd Rp.15.000,- per kilo. Tidak seperti melati yang dikirim tiap hari, buah mangga dikirim ketika sedang musimnya saja. Pembayaran ke petani dilakukan satu minggu setelah produk masuk ke gudang.

 

Proses produksi yang dilakukan di gudang Maribaya antara lain : penimbangan produk, grading (pemilahan), pengemasan, penyimpanan dalam cold storage (ruang pendingin), dan pengangkutan ke kontainer

 

Rencana Strategis